Minggu, 27 April 2014

Mengubah file ke bentuk pdf

Sebelumnya pastikan laptop atau PC anda memiliki software Adobe Acrobat. Di laptop saya terdapat Adobe Acrobat 8 Profesional. Software ini bisa didownload satuan , juga bisa didownload satu paket dengan software adobe lainnya pada Adobe Master.
Pertama , saya akan jelaskan cara mengubah file ke bentuk PDF. Kali ini saya menggunakan software Adobe Photoshop. Karena scan kita lakukan menggunakan paint , otomatis file tersimpan dalam format gambar. Buka gambar anda di Photoshop , setelah itu klik menu File > Save as




setelah itu akan muncul tampilan seperti ini


tentukan letak dimana anda akan menyimpan file tersebut, lalu pilih Photoshop PDF di bagian format, dan klik save untuk menyimpan.
Cara diatas hanya digunakan untuk mengubah file ke bentuk PDF secara satu persatu. Jika anda ingin menggabungkan file ke format PDF atau lebih dikenal dengan eBook, tidak perlu melakukan cara diatas karena kita bisa menggabungkan file nonPDF menjadi satu PDF menggunakan Adobe Acrobat.
langsung saja, pertama buka folder tempat anda menyimpan file yang akan digabung. Blok semua file yang akan digabung lalu klik kanan dan pilih combine


setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah


disini anda diminta menyusun halaman . Jika file yang akan digabung adalah sebuah buku, susunan halaman sangat penting untuk kemudahan kita dalam membaca. Saran saya namakan file dengan nomor 01, 02, 03 ,....,10,11,12, dst. dengan demikian file akan tersusun halamannya berdasarkan nomor. Setelah selesai klik next.


pilih merge file lalu klik create. Tunggu beberapa saat, dan selesai. Kini file anda sudah berbentuk eBook PDF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar